SEO adalah singkatan untuk "Search Engine Optimization" atau "optimasi mesin pencari."

EO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Mengapa Kita Memerlukan SEO?
Berikut ini beberapa alasan mengapa kita memerlukan SEO:
  • Pada tahun 2007 saja, lebih dari 9 miliar pengguna internet melakukan pencarian melalui mesin pencari (Googla, Yahoo search, Bing, dan sebagainya).
  • Hampir 80% dari orang yang mencari berbagai informasi (baik spesifik ataupun umum, jasa, produk, dan lain sebagainya) memanfaatkan mesin pencari. Untuk Google saja, lebih dari 91 juta pencarian – per hari! Sobat bisa bayangkan berapa banyak pengunjung yang akan mengunjungi website sobat jika mereka menemukan website Sobat terlebih dulu didalam hasil pencarian ini.
  • Sekitar 50% dari pencarian online, pengunjung akan mengklik link (mengunjungi website) yang ditemukan pada hasil pencarian di halaman pertama atau kedua Search Engine Pages (SERPs). Jadi, jika website Sobat tidak ditemukan dalam 10 – 20 hasil pencarian pertama, itu artinya sobat telah kehilangan sedikitnya 50% pengunjung website potensial sobat – sementara pesaing sobat, yang berperingkat lebih tinggi, sedang menikmati lalu lintas pengunjung ke websitenya.
  • Pertumbuhan penjualan online sedikitnya 20% per tahun, dan lebih dari $184.000.000.000 (184 milyar dollar amerika) pada tahun 2008.
Saat pengguna internet melakukan pencarian suatu topik, informasi, jasa, atau pelayanan tertentu melalui mesin pencari, apakah mereka menemukan Web atau Blog Sobat atau justru menemukan pesaing Sobat terlebih dulu? Intinya SEO adalah teknik untuk mengoptimalkan website sobat agar ditemukan diposisi teratas dalam hasil pencarian.

Saya rasa cukup! Silahkan tinggalkan tanggapan atau komentar sobat tentang postingan atau articles di atas!

Posting Komentar Blogger Disqus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre">KODE PANJANG ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Penting:
Jika Anda mengajukan pertanyaan klik 'Subscribe by email' link di bawah form komentar untuk mengetahui komentar balasan.

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas/reply di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur.

Dilarang Meninggalkan Link Aktif, Link Aktif Terpaksa Akan Saya Hapus Dari Komentar.

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Konversi Kode di Sini! Daftar Member Aktif

 
Top