Berapa banyak artikel telah ditulis tentang Facebook dalam delapan tahun sejarahnya? Mungkin untuk mengatakan - pada saat Anda datang dengan perkiraan, tidak diragukan lagi, belasan lain akan telah ditambahkan ke dalam daftar.

Hal ini, setidaknya, mudah untuk menentukan kisah pertama yang ditulis tentang jaringan sosial. Ternyata di Harvard Crimson pada 9 Februari 2004 , lima hari setelah Zuckerberg meluncurkan thefacebook.com dari kamar asramanya. Judul mengatakan itu semua: "Ratusan Registrasi untuk Website Facebook Baru."

Saat ini, tentu saja, ratusan pengguna baru mendaftar ke Facebook setiap menit. Tapi dalam beberapa hari pertama, 650 signup di universitas adalah masalah besar - dan Zuckerman tidak malu-malu ketika harus berkokok ke Crimson :

"Semua orang telah berbicara banyak tentang buku wajah universal dalam Harvard," kata Zuckerberg. "Saya pikir itu agak konyol bahwa itu akan mengambil Universitas beberapa tahun untuk berkeliling ke sana. Saya bisa melakukannya lebih baik dari yang mereka bisa, dan saya dapat melakukannya dalam seminggu. "

Ini adalah klasik muda Zuckerberg; punk sombong sama yang membagikan kartu nama yang bertuliskan "Aku CEO, jalang." Namun, ada satu detail yang sangat merendahkan lebih bawah artikel:

Sama seperti dengan website Friendster populer, yang kata Zuckerberg adalah model untuk website barunya, anggota dapat mencari orang sesuai dengan kepentingan mereka dan dapat membuat jaringan online teman-teman.

Itu saja - tidak menyebutkan kembar Winklevoss , yang seperti yang kita semua tahu telah berharap untuk membangun sebuah situs Harvard berbasis serupa dengan bantuan Zuckerberg hanya beberapa minggu sebelumnya. Tapi pointer sangat jelas untuk keunggulan Friendster , jaringan sosial hanya dikenal luas pada saat itu (menyimpan, mungkin, untuk up-dan-datang MySpace ).

Pada tahun 2004, Friendster berada di puncak kekuasaan, tetapi juga frustrasi penggunanya dengan beban kali lambat, dan di pinggir meledak. Beberapa bulan setelah artikel ini, akan memulai suksesi memusingkan CEO yang akan mempercepat penurunan (dan akhirnya transformasi ke dalam layanan game asal Malaysia sosial ).

Jika seseorang hanya memberi peringatan kepada pendiri Friendster (dan kemudian CEO) Jonathan Abrams ini coder jenius di Harvard yang telah menciptakan sebuah penghormatan ke situs, masa depan media sosial mungkin ternyata sangat berbeda.

Bahkan kemudian, bagaimanapun, mungkin sudah terlambat. Satu minggu kemudian, sebuah artikel Harvard Crimson kedua pada Zuckerberg mengungkapkan bahwa situs tersebut telah menembak hingga 4.300 pengguna - atau 55% dari populasi siswa. Facebook adalah baik dalam perjalanan.

Apakah pendiri Facebook berhutang budi pada Friendster? Marilah kita tahu pengalaman anda di komentar.

Poskan Komentar Blogger Disqus

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre">KODE PANJANG ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Penting:
Jika Anda mengajukan pertanyaan klik 'Subscribe by email' link di bawah form komentar untuk mengetahui komentar balasan.

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas/reply di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur.

Dilarang Meninggalkan Link Aktif, Link Aktif Terpaksa Akan Saya Hapus Dari Komentar.

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Konversi Kode di Sini! Daftar Member Aktif

 
Top